Antisipasi Gangguan, PLN UP3 Lahat Gebyar Penyulang Gabungan di Kecamatan Peninjauan dan KPR OKU

oleh -56 Dilihat
oleh
Antisipasi Gangguan, PLN UP3 Lahat Gebyar Penyulang Gabungan di Kecamatan Peninjauan dan KPR OKU

Baturaja, lahatsatu.id – Gebyar Penyulang PT PLN UP3 Lahat di PLN ULP Baturaja sebagai komitmen PLN menyelesaikan gangguan pemadaman di 3 kecamatan Kabupaten OKU akhirnya diwujudkan dengan mengerahkan ratusan personil terdiri dari karyawan dan mitra PLN. Lokasi kerja di Kecamatan Peninjauan dan Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya OKU. Mitra kerja tehnik yang dilibatkan dalam kegiatan ini didatangkan dari ULP Baturaja, ULP Martapura dan ULP Muara Dua.

Manager UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi mengatakan bahwa Gebyar Bakti Penyulang PLN Lahat di Kabupaten OKU rencana berlangsung tanggal 27 dan 29 April 2024. Selama 2 hari kegiatan ini berfokus pada pemangkasan pohon yang mengganggu jaringan PLN dan dilakukan di beberapa titik yang berpotensi terjadinya gangguan distribusi listrik termasuk pemeliharaan komponen jaringan lainnya. “Selain pemangkasan, kami rencanakan akan dilakukan penggantian komponen jaringan listrik seperti isolator, kabel maupun melakukan pemasangan tiang tambahan,” katanya.

Sementara itu Asisten Manager Jaringan dan Konstruksi UP3 Lahat, Ichsan, menambahkan 2 kecamatan ini disuplay dari penyulang Sasando. Adapun gebyar penyulang serentak dilakukan sepanjang 53 kms terdiri dari pembersihan jaringan dari tanam tumbuh, penebangan pohon, penggantian komponen jaringan seperti isolator, penggantian breket dan penanaman tiang baru.

“Selain penggantian isolator dan breket, kami juga telah merencanakan penggantian kabel yang rusak/rantas. Mudah-mudahan kegiatan Hari Sabtu dan Senin berjalan dengan baik dan lancar. Kami mohon dukungan dari perangkat kecamatan dan desa juga dari warga. Untuk koordinasi dengan kepala desa sudah kami lakukan dan Alhamdulillah semua pihak mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Manager PLN Baturaja Iswandi menyampaikan jika dalam 2 hari listrik akan dipadamkan saat pemeliharaan. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk pengamanan bagi petugas yang bekerja. Pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. “Kemungkinan dari jam 9 pagi sampai selesai listrik akan kami padamkan. Begitu pekerjaan selesai kami tetap melakukan penormalan sesegera mungkin,” katanya.

Adapun daerah terdampak padam diantaranya Ds Lubuk batang Baru, Lubuk Batang Lama, Belatung, Karta Mulia, Tanjung manggus, Markisa, Lunggalan, Air Wall, Terusan, Tj Kemala, Banuayu. Tj Dalam, Kurup, Gn Meraksa, Merbau, Sumber bahagia dan Bandar Agung.

Sedangkan untuk tanggal 29 April 2024, daerah terdampak padam saat pemeliharaan diantaranya dari LBS Tugu Jamur, Batumarta 11, Batumarta 12, Batumarta 13, Batumarta 14, Batumarta 15 dan Batumarta 16 sampai recloser KL XI.(rls)