Gerak Cepat! PLN Pulihkan Listrik Muara Enim Pasca Puting Beliung

oleh -173 Dilihat
oleh
Gerak Cepat! PLN Pulihkan Listrik Muara Enim Pasca Angin Puting Beliung

Lahat, lahatsatu.id – PT PLN terus berupaya mempercepat pemulihan suplai listrik terdampak angin puting beliung yang terjadi di Muara Enim. Setelah sebelumnya Rabu malam (23/10/2024) pukul 19.30 WIB, hujan melanda Muara Enim disertai badai. Akibat bencana ini tercatat 4 buah tiang listrik tumbang, kabel SUTM putus di 9 titik dan aksesoris tiang terdampak di 12 titik yang berbeda sehingga aliran listrik terputus hingga hari ini.

PLN UP3 Lahat dan ULP Muara Enim hingga saat ini terus melakukan perbaikan dan penormalan jaringan listrik pasca badai dengan melakukan penggantian tiang listrik serta perbaikan konstruksi instalasi. Manager PLN UP3 Lahat Teguh Aang Harmadi melalui Asisten Manager Jaringan dan Konstruksi, Muhammad Ichsan mengatakan, pihaknya hingga malam ini terus berupaya melakukan penormalan jaringan dengan mengerahkan 35 personel dari yantek dan vendor jaringan.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami terus berupaya melakukan recovery pasca badai bersama tim. Mudah-mudahan malam ini bisa kami normalkan.

“Alhamdulillah 98% jaringan sudah normal kembali berkat kerja keras petugas PLN dibantu oleh personil yantek dan BPBD serta dukungan masyarakat setempat,” ujar Ichsan.

“Malam ini kami masih fokus Recovery beberapa titik Jaringan yang masih menyebabkan 3 gardu padam,” tambahnya.

Ichsan menambahkan, akibat badai ini berdampak pada 12 ribuan pelanggan tidak dapat menikmati listrik dan 291 buah gardu PLN padam. Namun hingga berita ini diturunkan 12.064 pelanggan termasuk 288 gardu telah menyala.

“Untuk gardu yang padam tinggal 3 buah gardu saja dengan 1 jurusan. Kami optimis malam ini 100% kelistrikan di Muara Enim kembali normal,” ujar Irfan Maulana, Manager ULP Muara Enim di lokasi bencana.

Warga setempat di Kecamatan Muara Enim, Solikin (42) mengungkapkan dirinya dan warga setempat berharap listrik bisa normal karena menjadi kebutuhan dasar. “Terima kasih PLN sudah langsung bekerja, kami minta dipercepat agar listrik bisa kembali nyala,” harapnya.

Irfan juga meminta kerjasama dari berbagai pihak untuk bersabar. Karena penormalan jaringan PLN memerlukan proses mengingat sisa-sisa pohon yang roboh perlu diamankan untuk keselamatan bersama. Irfan meminta kepada pelanggan segera menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile apabila menemukan jaringan PLN yang tidak aman dan membahayakan warga.

“Jika ditemukan jaringan PLN dalam kondisi yang rawan atau terdampak pohon dan perlu penanganan segera, kami menghimbau agar pelanggan bisa menghubungi PLN melalui PLN Mobile” katanya.(*)