Gunakan Energi Bersih, PT United Tractor Teken Kontrak Pembelian Layanan REC PLN

oleh -194 Dilihat
oleh
Gunakan Energi Bersih, PT United Tractor Teken Kontrak Pembelian Layanan REC PLN

Terbukti, bertempat di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lahat (UP3 Lahat) 29 September 2023, telah ditandatangani kontrak pembelian layanan Renewable Energy Certificate PLN (REC) oleh PT United Tractors Tbk sebanyak 144 lembar.

REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang transparan, akuntable dan diakui secara internasional serta tanpa harus mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

Pelanggan dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui situs web https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate. REC dari PLN ini menggunakan sistem pelacakan elektronik dari APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat, untuk memastikan bahwa setelah sertifikat diterbitkan, tidak dapat dibeli atau dijual ke pihak lain. Seluruh proses juga telah diverifikasi untuk memenuhi standar internasional.

Administration Departement Head UT, Herman Danang, mengatakan bahwa kerjasama antara UT dan PLN bertujuan untuk memberikan dampak baik melalui langkah-langkah yang perusahaan lakukan dengan mengedepankan prinsip bisnis berkelanjutan dan mengimplementasikan aspek-aspek Environment, Social, and Good Governance (ESG) untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs).

“UT memiliki komitmen dalam mendukung energi bersih dan berkelanjutan. Pada tahap ini, UT kantor cabang Tanjung Enim menggunakan layanan REC dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca atau Greenhouse Gas (GHG) Reduction. Hal ini merupakan salah satu strategi transisi korporasi di bidang energi“ ujar Danang.

Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi, menyampaikan bahwa UT Tanjung Enim merupakan pelanggan pertama di PLN UP3 Lahat yang menggunakan layanan REC. Pihaknya sangat antusias bahwa pembelian REC ini merupakan wujud kontribusi dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan, khususnya di sektor energi hijau.

“REC adalah salah satu inovasi produk hijau PLN untuk membuka kesempatan para pelanggan agar ikut berpartisipasi dalam penurunan emisi. Selain itu, layanan REC dapat memudahkan pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT secara internasional. Kami berkomitmen untuk menyediakan energi bersih untuk mendukung terciptanya _green industry_ di Indonesia.” kata Aang.

Secara terpisah, General Manager PLN UID S2JB, Amris Adnan berharap penggunaan layanan REC oleh UT Tanjung Enim dapat menjadi contoh bagi industry lainnya dalam hal penggunaan listrik bersih.

“Semoga penggunaan layanan REC yang dilakukan PT United Tractors Tbk Tanjung Enim menjadi langkah awal yang baik dan menjadi contoh bagi industri serta pengelola usaha lainnya dalam penggunaan listrik bersih bersertifikasi” pungkas Amris (mala)