Tingkatan Rasio Desa Berlistrik, PLN UID S2JB Gandeng Pemkab Muba

oleh -52 Dilihat
oleh
MoU antara PLN dan Pemkab Muba. Foto ist

lahatsatu.id, Palembang – General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin sepakati Memorandum of Understanding (MOU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pembangunan, Operasional dan Pemeliharaan Jaringan Listrik, bertempat di Auditorium Sriwijaya PLN UID S2JB pada Senin, 18 Maret 2024.

MoU ini merupakan yang ketiga, setelah sebelumnya MoU serupa dilaksanakan dengan Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten OKU Selatan. Dengan MoU ini diharapkan dapat terwujud kolaborasi yang erat dalam pembangunan jaringan listrik desa pada sebagian kawasan hutan lindung dan lahan non-kawasan hutan masyarakat.

General Manager PLN UID S2JB mengatakan, kesepakatan ini menjadi langkah strategis dalam mewujudkan pemerataan akses listrik bagi masyarakat di Sumatera Selatan.

“Dengan adanya Kerja sama antara PLN UID S2JB dengan Pemerintah Daerah Musi Banyuasin, saya berharap program mengaliri listrik ke desa dapat berjalan lancar karena Sumatera selatan memiliki sumber energi yang memadai tapi masih belum teraliri sepenuhnya”. Ujar Adhi

Adhi menambahkan, pada Februari 2024, di Provinsi Sumatera Selatan, Rasio Desa Berlistrik (RDB) telah mencapai 99,26% yang mana 3.234 Desa telah berlistrik.

“Untuk Sumsel, Rasio Desa Berlistrik (RDB) telah mencapai 99,26%. Sementara di Kabupaten Musi Banyuasin RDB sudah mencapai 98,76% ,menyisakan 3 desa yaitu Desa Sako Suban, Desa Pangkalan Bulian, Desa Epil Barat. Desa-desa ini masih terkendala pembangunannya dikarenakan berada pada wilayah Kawasan hutan dan wilayah jalur pipa gas. Dengan adanya kesepakatan ini, semoga Rasio Desa Berlistrik dapat kita dorong peningkatannya” Imbuh Adhi.

PJ Bupati Musi Banyuasin, Bp. Drs. H. Apriyadi, M.Si, mengatakan listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Dalam pelaksanaan kesepatan ini, Ia mengharapkan dukungan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Muba untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar pembangunan jaringan dapat dilaksanakan sesegara dan tanpa halangan.

“Saya mengucapkan Terimakasih atas kerjasama antara PLN UID S2JB dengan Pemerintah Daerah Musi Banyuasin, semoga program ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Saya mohon kerja sama yang solid dari para Kades, Camat, dan pihak yang terlibat, agar kita sama-sama bisa meningkatkan kualitas hidup penduduk pedesaan, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan.” pungkas Apriyadi.(mala)