Peresmian Kantor Baru PLN Unit Layanan Mukomuko, Tingkatkan Pelayanan dan Keandalan Listrik

oleh -72 Dilihat
oleh
Peresmian Kantor Baru PLN Unit Layanan Mukomuko, Tingkatkan Pelayanan dan Keandalan Listrik

Mukomuko, lahatsatu.id – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) meresmikan gedung baru Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mukomuko yang berlokasi di Jalan RA Kartini, Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Kantor baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan pasokan listrik bagi masyarakat Muko-Muko dan sekitarnya.

“Sebelumnya, PLN ULP Mukomuko beroperasi di Jalan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Provinsi Bengkulu sejak tahun 2004 yang merupakan gedung sewa. Sebagai wujud optimalisasi penggunaan asset perusahaan, kantor ULP Muko-Muko kini pindah ke lokasi yang sebelumnya merupakan kantor PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) namun saat ini sudah tidak beroperasi.” terang Khairul Mustafa, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Muko-Muko.

Dengan revitalisasi asset gedung sebagai kantor PLN ULP Mukomuko yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, PLN berharap dapat memberikan layanan yang lebih optimal kepada 69.553 pelanggannya. Adapun wilayah yang dilayani ULP Muko-Muko meliputi Kecamatan Kota Mukomuko, Air Dikit, Air Majunto, Air Rami, Ipuh, Lubuk Pinang, Malin Deman, Penarik, Pondok Suguh, Selagan Raya, Sungai Rumbai, Teramang Jaya, Teras Terunjam, V Koto, dan XIV Koto, dengan total luas wilayah kerja mencapai 740,7 km².

Peresmian gedung baru ULP Mukomuko ini sangat penting mengingat, perkembangan kelistrikan di Mukomuko yang cukup signifikan. Dalam satu tahun terakhir, jumlah pelanggan meningkat dari 66.443 pelanggan menjadi 69.553 pelanggan. Selain itu, konsumsi tenaga listrik di Mukomuko juga mengalami peningkatan sebesar 5,49% dari 45,15 GWh pada tahun 2023 menjadi 47,63 GWh di Mei 2024

Manager PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Bengkulu, Muhammad Syafdinnur berharap dengan diresmikannya gedung baru ULP Mukomuko, kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan khususnya di Kota Mukomuko dan sekitarnya dalam mendapatkan layanan PLN akan meningkat.

“Dengan diresmikannya kantor ULP Mukomuko yang baru ini, kami berharap dapat meningkatkan pelayanan PLN dan membantu percepatan peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Mukomuko,” ujar Syafdinnur.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) mengatakan, kedepannya sistem kelistrikan di Mukomuko akan terus mengalami peningkatan. Beroperasinya Gardu Induk Mukomuko yang terletak di Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, menjadi langkah signifikan dalam meningkatkan sistem kelistrikan.

“Salah satu langkah peningkatan keandalan yang kita lakukan adalah dengan pengoperasian Gardu Induk Mukomuko. PLN juga merencanakan pengembangan jaringan distribusi sebesar 33,42 kms yang dimulai pada tahun 2025, sehingga pada tahun 2026 seluruh jaringan kelistrikan di Mukomuko akan tersambung dalam satu sistem dan tidak lagi disuplai oleh PLTD.” kata Adhi.

Menghadiri acara peresmian ULP Mukomuko, Bupati Mukomuko, H Sapuan, SE MM, Ak CA, CPA, SFI mengapresiasi langkah PLN dalam meningkatkan fasilitas pelayanan kelistrikan di wilayah kerjanya. Ia berharap, dengan hadirnya gedung baru tersebut, kondisi kerja ULP Mukomuko dapat semakin kondusif sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik dan lebih cepat.

“Kami sangat mengapresiasi langkah PLN dalam meningkatkan fasilitas pelayanan di Mukomuko. Dengan adanya gedung baru ini, kami berharap masyarakat Mukomuko bisa mendapatkan pelayanan listrik yang lebih baik dan lebih cepat. Ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah kami” pungkas Sapuan.(rls)