Yuk USG di Puskesmas Saung Naga, Gratis Lur!

oleh -220 Dilihat
oleh
Kepala Puskesmas Saung Naga, Purnama Susanti mendampingi Dr. Nova Ardiansyah. SpOg melakukan pemeriksaan USG kepada ibu hamil. foto ist

lahatsatu.id, Lahat – Puskesmas Saung Naga, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat benar-benar serius dalam mendukung program pemerintah, khususnya dibidang kesehatan.

Buktinya, puskesmas tersebut punya program pemeriksaan USG bagi ibu hamil secara gratis. Masyarakat diminta untuk dapat memanfaatkan program tersebut, mengingat banyak manfaat yang didapatkan, khususnya bagi ibu hamil.

Kepala Puskesmas Saung Naga, Purnama Susanti S Tr Keb MKM mengungkapkan, program pemeriksaan USG secara gratis salah satu wujud dan keseriusan pihaknya dalam mendukung program pemerintah, yakni dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta mencegah stunting. Apalagi, dalam program tersebut, bekerjasama dengan dokter spesialis Dr. Nova Ardiansyah. SpOg.

“Program ini inisiatif kami, didukung oleh Dr Nova selaku dokter spesialis yang memeriksa,”kata dia.

Program sudah sudah berjalan sejak tiga bulan lalu dan disambut antusiasi oleh masyarakat wilayah Puskesmas Saung Naga, masyarakat Kikim Area. Bahkan ada dari Kabupaten Empat Lawang, yang mencapai ratusan orang setiap momen pemeriksaan.

Purnama menjelaskan, program pemeriksaan USG gratis ini, selain untuk masyarakat wilayah Puskesmas Saung Naga, juga untuk umum, apabila tidak memiliki BPJS Kesehatan masih tetap dilayani. Program dilaksanakan satu bulan sekali setiap hari Rabu, dari pukul 09.00 WIB sampai selesai.

“Kita ikuti jadwal dokter, yang jelas jika ada pemeriksaan kita umumkan sebelumnya ke masyarakat,”jelasnya.

Menurut Purnama, program tersebut sangatlah penting untuk diikuti dan dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya ibu hamil. Pasalnya, selain bisa memeriksakan kandungan secara teratur dan mengetahui perkembanhannya, juga bisa mendeteksi dini apabila ada kelainan, sehingga bisa ditangani dengan cepat, serta bisa mencegah stunting.

“Kami berharap ibu hamil sadar akan pentingnya pemeriksaan kehamilan secara teratur, dan bisa melakukan persalinan di fasilitas kesehatan dengan tenaga kesehatan. Jadi jangan takut untuk periksa kehamilan, karena gratis, walapun tidak ada BPJS Kesehatan tetap dilayani,”sampainya.(fer)