Berikan Udeng Kepada Bupati Lahat, Paguyuban Pasundan Ikuti Karnaval Pemkab Lahat

oleh -314 Dilihat
oleh
Peserta pawai Paguyuban Pasundan poto bersama Bupati Lahat. (IST)

LAHATSATU, LAHAT – Orang Pasundan atau Sunda ambil bagian dalam pawai pembangunan HUT RI ke-78, yang di gelar di oleh Pemerintah Kabupaten Lahat . Orang Pasundan yang tergabung dalam Paguyuban Pasundan ikut serta memeriahkan dengan mobil hias dan pasukannya.

Ketua Paguyuban Pasundan, Maulana mengungkapkan, keikutsertaan dalam moment 17 Agustusan menjadi agenda rutin Paguyuban Pasundan tiap tahunnya.

“Alhamdulillah, kami orang Pasundan diperantauan tetap kompak. Kita juga ingin berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI,” kata Maulana.

Paguyuban Pasundan juga memberikan Iket atau Udeng kepala khas Sunda kepada Bupati Lahat H Cik Ujang, Wabub H Haryanto, Ketua DPRD Fitrizal Homizi dan Kapolres Lahat.

Maulanan mengungkapkan, orang Sunda yang tinggal di Kabupaten Lahat l lebih dari 10.000 orang. Namun, sekitar 8.000 orang sudah jadi warga Lahat.

“Sekitar 2.000 orang berprofesi sebagai pedagang musiman. Mereka ini masih tercatat sebagai warga Jawa Barat,” kata Maulana.

Menurut Maulana, besarnya Paguyuban Pasundan karena keeratan silaturahmi yang terjaga.

“Insya Allah Paguyuban Pasundan akan menggelar budaya Sunda November mendatang. Semoga dengan adanya pergelaran ini kita bisa tetap melestarikan budaya Sunda, meskipun kami jauh dari tanah kelahiran,” tambahnya.(mala)