Lahat Gelar Sholat Istisqa, Ini Upaya Dilakukan dari Ancaman Kekeringan

oleh -64 Dilihat
oleh
Lahat Gelar Sholat Istisqa, Ini Upaya Dilakukan dari Ancaman Kekeringan. Foto ist

LAHATSATU.ID, Lahat – Pemerintah Kabupaten Lahat mengelar sholat istisqa untuk memohon turunnya hujan kepada Allah SWT. Sholat digelar dihalaman kantor Pemkab Lahat, Jumat (6/10).

Diikuti Bupati Lahat H Cik Ujang SH, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM, Forkopimda, TBUPP, Assisten Staf Ahli, jajaran OPD, Kemenag Lahat, Ketua MUI, Ketua Baznas Lahat, pimpinan pondok pesantren, tokoh agama,tokoh masyarakat, para pelajar dan masyarakat sekitar. Imam sholat istisqa dipimpin oleh KH Kushunul Karim.

Cik Ujang mengungkapkan, saat ini bersama – sama meminta pertolongan Alloh SWT, agar diturunkan hujan. Lantaran saat ini sudah mulai terjadi kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan.

“Semoga Allah mengampuni segala kesalahan kita. Jika ini adalah cobaan, mudah mudahan kita bisa meminimalisasi dan dapat mengurangi perbuatan buruk kita. Semoga apa yang kita laksanakan pada pagi hari ini dengan melaksanakan sholat istisqa secara berjama’ah. Dijabah oleh Allah SWT dan diturunkan hujan,” kata Bupati.

Sementara itu, untuk langkah- langkah Pemkab sendiri guna mengantisipasi Karhutla telah menyiagakan intansi terkait seperti Damkar, BPBD, serta berkoordinasi dengan pihak- pihak lainnya. Bersama mencegah dna menangani Karhutla.

Sementara untuk kekeringan juga akan dipersiapkan pompa air. Termasuk pula digelarnya pasar murah bagi masyarakat, yang mulai terdampak kekeringan.
Untuk antisipasi kerawanan pangan, telah dipersiapkan stok beras. Selain itu, juga ada penambahan stok beras.(mala)