Sambut Idul Fitri, PT PLN UP3 Lahat Luncurkan Tim PDKB

oleh -36 Dilihat
oleh
PT PLN UP3 Lahat luncurkan Tim PDKB. Foto ist

lahatsatu.id, Lahat – Kamis 21 Maret 2024, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lahat luncurkan tim PDKB ke Kota Baturaja Kabupaten OKU, guna menjaga serta meningkatkan kelancaran kontinuitas aliran listrik di bulan ramadhan 1445 H dan menjelang Idul Fitri 1445 H.

Tim elit PDKB melakukan pemeliharaan jaringan listrik tanpa padam bertujuan mecegah terjadinya gangguan aliran listrik terutama yang disebabkan oleh kegagalan komponen jaringan listrik, gangguan pohon dan hewan.

Dengan mengirim 1 tim PDKB berjumlah 8 orang yang telah dibekali oleh kompetensi khusus untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik 20 kV tanpa padam, berhasil menyelesaikan pekerjaan pemeliharan jaringan listrik pada 17 titik di kota Baturaja sekitarnya.

Tim elit milik PLN UP3 Lahat yang berjumlah 8 orang ini selalu bekerja dalam keadaan bertegangan, sehingga pekerjaan yang mereka lakukan berisiko tinggi, lengah sedikit nyawa taruhannya.

“Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi, peranan PDKB dapat menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan kontinuitas dan kecepatan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami pemadaman saat pemeliharaan,” kata Manager UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi.

Kondisi ini memberikan keuntungan ganda, baik dari sisi pelanggan maupun dari pihak PLN.

“Aliran listrik ke rumah pelanggan tidak harus padam meskipun jaringan sedang dipelihara. Sedangkan pihak PLN dapat meminimalisir potensi kehilangan pendapatan akibat listrik padam,” ucapnya.

Rio Hendrawan Selaku Team Leader PDKB berharap dengan melakukan kegiatan pemeliharaan tersebut dapat membantu masyarakat menyempurnakan ibadah puasa tanpa ada gangguan listrik.

“Saya harap dengan dilakukan kegiatan pemeliharaan ini masyarakat di kota baturaja Kabupaten OKU dapat menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan ini dengan khidmat tanpa terganggu oleh pemadaman gangguan aliran listrik.” Ucap Rio.

Adapun uraian pekerjaan yang dilakukan adalah pemasangan CLD (Penangkal Petir), pemasangan penangkal hewan di Gardu Distribusi, perbaikan kawat terurai, perbaikan kabel turunan Trafo Distribusi, dan pemasangan topties di konduktor A3CS untuk mencegah konduktor putus karena petir.

Pekerjaan yang dilakukan merupakan hasil inspeksi rutin dari tim PLN Baturaja, sehingga dapat membuat perencanaan yang efektif dan efisien dalam pelaksaan pekerjaan tersebut.(mala)