Lahat, lahtasatu.id – Inspeksi mendadak (sidak) pelayanan di satuan kerja perangkat daerah lingkungan Pemkab Lahat sangat mengecewakan Wakil Bupati Lahat Widya Ningsih SH MH.
Sidak dilakukan Wabup Widya itu di Puskesmas GGB Merapi dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lahat.
“ASN Lahat harus bekerja dengan hati, penuh tanggung jawab, dan memiliki inisiatif. Jangan jadi budi pacalan yang hanya bergerak kalau disuruh,” tegas Widya, Jumat (31/10).
Dalam sidak tersebut, Widya memantau langsung kehadiran, kinerja, serta kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Keduanya menekankan pentingnya kedisiplinan, etika kerja, dan komitmen ASN untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa harus menunggu perintah.
“Sebelumnya ada laporan baik itu aduan dan keluhan dari masyarakat. Jadi kita sidak untuk melihat kondisi di lapangan. Seperti apa kendala dan permasalahannya,” tegas Wabup.
Untuk di Puskesmas GGB, terlihat banyak kekurangan terutama dari integritas ASNnya. “Akan kita evaluasi, dan pimpinannya harus bertanggung jawab. Bisa jadi adanya tolong atau mutasi,” tambah Widya.
Sementara untuk di Pelayanan Dukcapil, cukup bagus. Namun permasalahan ada pada jaringan serta beberapa aduan. “Untuk pelayanan cukup cepat. Tapi memang kekurangan ruangan dan permasalahan jaringan,” sampainya.
Pihaknya menegaskan agar seluruh pelayanan publik di Kabupaten Lahat akan dipantau. Apalagi bila ada aduan dan keluhan. “Kalau memang bagus akan kita apresiasi,” ungkapnya.
Sidak seperti ini akan terus dilakukan secara berkala di berbagai instansi pelayanan publik. Tujuannya untuk memastikan standar pelayanan publik di Kabupaten Lahat terus meningkat dan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, ramah, serta profesional.
Kegiatan sidak ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah daerah dalam membangun budaya kerja yang berintegritas, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.(*)

 
 
													



