Warga Lahat “Diprank” Jokowi, Pedagang Dadakan Ikut Kecele

oleh -72 Dilihat
oleh
Pedagang di sekitar Pasar Lematang. Foto Mala/lahatsatu.id

Lahat, lahatsatu.id – Rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Lahat, Jumat 31 Mei 2024, dipastikan batal. Hal ini rupanya buat masyarakat Lahat jadi kecewa. Mengingat, beberapa hari terakhir, warga sudah sangat antusias untuk melihat langsung Jokowi menyapa warga Lahat.

Sejak informasi Jokowi batal berkunjung ke Kabupaten Lahat, Rabu 30 Mei 2024, seluruh Paspampres yang sudah lebih dahulu lakukan pengamanan bersama pasukan pengamanan lainnya, langsung ditarik mundur dari Kota Lahat.

Bahkan puluhan pedagang dadakan yang menggunakan gerobak di sejumlah titik di Kota Lahat, saat persiapan penyambutan Presiden Jokowi, ikut kecele. Pasalnya, mengetahui Jokowi urung, juga tiba-tiba hilang tak lagi berjualan.

Muk, salah satu pedagang di sekitar Pasar Lematang mengatakan, informasi presiden Jokowi akan berkunjung ke Pasar Lematang, sempat buat dirinya jadi bersemangat. Bahkan anak-anaknya juga sudah sangat ingin menyapa langsung orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Awalnya saya, juga pedagang lainnya, sangat senang Presiden Jokowi akan berkunjung. Ketika tahu kunjungan dibatalkan, ya sedikit kecewa, terutama anak-anak. Tapi mungkin presiden punya agenda mendesak, yang tak bisa ditinggalkan,” kata Muk, Kamis 30 Mei 2024.

Sementara, Dafi, warga Kota Lahat menilai, meski presiden Jokowi tak jadi berkunjung, setidaknya banyak hal positif yang didapat warga Lahat. Mulai dari jalan-jalan yang berlubang, sekarang jadi mulus, seperti di Jalan RE Martadinata. Batang-batang rimbun di Lapangan Seganti Setungguan ditebas, sehingga terlihat lebih rapi. Pengamanan yang ditempatkan di setiap titik, buat warga Lahat merasa nyaman karena tidak ada pelaku kejahatan.

“Kalau saya, ambil positifnya saja. Baru kali ini lihat Lahat dipenuhi pasukan pengamanan. Warga Lahat rupanya sangat antusias dan kompak menyambut rencana kunjungan Presiden. Hampir setiap malam di tiap tempat, warga berbincang soal kedatangan Presiden Jokowi,” ucapnya.

Sebelumnya, rencana awal, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Kabupaten Lahat, Rabu (29/5/2024). Rencana tersebut diundur ke hari Jumat (31/5/2024). Selama di Kabupaten Lahat, presiden Jokowi akan mendatangi gudang Bulog Lahat, membagikan bantuan kepada 500 keluarga penerima manfaat, lalu ke Pasar Lematang Lahat sekaligus bersilaturahmi bersama warga Kabupaten Lahat.

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, SSTP MSi sempat mengatakan, Pemkab Lahat sudah beberapa kali rapat untuk membahas persiapan kehadiran Presiden Jokowi. Mulai dari lokasi tiba, kemudian akses menuju lokasi yang akan dikunjungi. Menurutnya, sejauh ini kehadiran Jokowi masih terjadwal untuk datang ke Kabupaten Lahat.

“Semua unsur elemen masyarakat Kabupaten Lahat sudah berusaha sebaik mungkin, mempersiapkan kehadiran Bapak Presiden RI di Bumi Seganti Setungguan. Kehadiran Presiden jadi momentum untuk mengenalkan adat, budaya, seni dan semua potensi yang ada di Lahat,” kata Muhammad Farid, beberapa waktu lalu.(mala)