Tingkatkan Proteksi Jaringan Baturaja, PDKB Lahat Pasang CLD

oleh -57 Dilihat
oleh
----

Baturaja, lahatsatu.id – Cuaca dan kondisi alam yang tidak bisa diprediksi membuat PLN Baturaja bekerja keras untuk bisa melakukan upaya agar jaringan tetap handal. Salah satu strategi yang telah dijalankan diantaranya melaksanakan pemeliharaan preventif dengan melakukan pemasangan CLD di sejumlah titik di wilayah kabupaten OKU bersama tim elit PDKB PLN Lahat.

Team Leader PDKB PLN UP3 Lahat Rio Hendrawan mengatakan alat tersebut lanjutnya berfungsi untuk menangkal sambaran petir pada jaringan listrik PLN. Sehingga ketika ada sambaran petir tidak menimbulkan gangguan.
“Petir akan mencari bagian terlemah pada jaringan listrik sehingga dengan alat tersebut sambaran petir bisa diserap, sehingga tidak menyebabkan aliran listrik padam,” jelasnya.

Untuk pemasangan dilakukan di seputar PT Semen Baturaja dan di jalan lintas Baturaja. Karena beberapa titik diantaranya pernah terkena sambaran petir dan mengakibatkan padam. Selain pemasangan penangkal petir, PLN juga melakukan pemasangan topties 6 titik di jalur lintas Baturaja untuk mencegah SUTM putus akibat petir.

Sementara itu Manager PLN Baturaja, Iswandi mengatakan pemasangan CLD dilakukan tim khusus PDKB yakni Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan dari PLN UP3 Lahat. Di mana saat melakukan pemasangan aliran listrik tetap menyala.
“Lokasi yang dipasang CLD merupakan rawan petir berdasar pemetaan yang dilakukan PLN Baturaja. Sehingga dengan pemasangan ini bisa mengurangi padam jaringan akibat petir ,” kata Iswandi.

Sebelumnya beberapa kali listrik padam di beberapa lokasi disampaikan warga Baturaja akibat jaringan tersambar petir. Untuk mengingkatkan kehandalan PLN Baturaja bersama PDKB juga telah melakukan pemasangan penghalang hewan dan perbaikan kawat terurai sebanyak 6 titik, inspeksi jaringan tier 1 sebanyak 120,2 kms. (*)