20 Tim Kuda Kepang Unjuk Kemampuan, Pesan Bupati Lahat Sangat Menyentuh

oleh -136 Dilihat
oleh
20 Tim Kuda Kepang Unjuk Kemampuan, Pesan Bupati Lahat Sangat Menyentuh

lahatsatu.id, Lahat – Dalam melestarikan budaya di Indonesia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat, menggelar Festival Budaya Kuda Kepang se Kabupaten Lahat, di Lapangan PJKA Kota Lahat, Sabtu 25 November 2023.

Bupati Lahat Cik Ujang SH, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP menyaksikan festival itu.

Kepala Disdikbud Kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP mengatakan, Festival Kuda Kepang dilatarbelakangi untuk melestarikan dan mengelola kesenian Kuda Kepang.

“Pemerintah Kabupaten Lahat dalam hal ini berusaha untuk selalu bersama-sama dengan masyarakat kelompok kuda kepang untuk melestarikan kesenian kuda kepang,” ujarnya.

Dengan adanya festival ini diharapkan kesenian Kuda Kepang tidak hilang oleh perkembangan zaman. Festival bertujuan memupuk rasa kecintaan dan kesadaran akan pentingnya melindungi dan melestarikan serta memberi pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai seni dan pentingnya usaha pemeliharaannya.

“Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari, tanggal 25 -26 November 2023 dengan peserta sebanyak 20 kelompok,” katanya.

Bupati Lahat mengatakan, meski Kuda Kepang merupakan kesenian asal Jawa, Kabupaten Lahat juga wajib memeliharanya. Menurutnya, seluruh kesenian yang ada di Nusantara wajib dipelihara.

“Kebudayaan ini terus dijalankan, terus diadakan kegiatan-kegiatan ini adalah tanda ingat leluhur. Bangsa Indonesia dengan aneka kebudayaan, bahasa, terus suku dari setiap daerah ini mempertahankannya termasuk di Kabupaten Lahat,” katanya.

Kegiatan dimulai dengan pemukulan gong oleh Bupati Lahat didampingi Forkompimda Kepala Disdikbud Kabupaten Lahat, dilanjutkan atraksi kuda kepang dari peserta festival. (mala)