Koordinasi dengan Kades Karang Dapo, Tim PLN UP3 Lahat Lakukan Inspeksi Bersama

oleh -30 Dilihat
oleh
Koordinasi dengan Kades Karang Dapo, Tim PLN UP3 Lahat Lakukan Inspeksi Bersama

Baturaja, lahatsatu.id – PLN UP3 Lahat dan ULP Baturaja menepati komitmennya untuk mengatasi gangguan dan keluhan warga yang beberapa waktu lalu berunjuk rasa di ULP Baturaja.

Hari ini (24/04/2024) giliran Assisten Manager Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Lahat, Muhammad Ichsan bersama tim menyambangi Kades Karang Dapo, Martinawati untuk langsung berkoordinasi dan melakukan inpeksi jaringan bersama di beberapa titik di Desa Karang Dapo.

Beberapa hal yang menjadi catatan Ichsan dan tim diantaranya masih adanya tanam tumbuh yang menyentuh jaringan, beberapa tiang miring, andongan kabel dan kabel yang masih memerlukan tambahan tiang. Menurutnya inspeksi ini penting agar PLN bisa menentukan skala prioritas dalam perbaikan komponen jaringan sekaligus rencana pemeliharaan agar bisa dilaksanakan serentak dan tidak padam berulang-ulang.

“ Hari ini kami dan tim PLN bersama Kades Karang Dapo melakukan inspeksi pada jaringan PLN, sekaligus berkoordinasi terkait rencana gebyar penyulang serentak di beberapa desa di 3 Kecamatan yaitu : Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya dan Sinar Peninjauan. Beberapa titik krusial memang direncanakan akan dilakukan pemeliharaan dan penggantian. Kami mohon kerjasamanya dari para kepala desa dan warga setempat,” ujarnya.

Sementara itu Kades Karang Dapo yang juga Ketua Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Peninjauan mendukung kegiatan PLN bisa di jalankan sesuai komitmen yang telah dibuat yang salah satunya perbaikan keandalan di 3 kecamatan tersebut.
“Sudah cukup lama kami menunggu PLN untuk datang. Terima kasih atas responnya kami prinsipnya mendukung kegiatan PLN bisa dijalankan sesuai komitmen yang telah dibuat kemaren. Salah satunya perbaikan keandalan di Kecamatan Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya dan Sinar Peninjauan,” katanya.

Sementara itu Manager UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi mengatakan bahwa komitmen PLN dalam pelayanan dengan berkoordinasi ke kepala desa sekaligus melakukan inpeksi jaringan yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan pemeliharaan. Termasuk didalamnya kegiatan pemampasan atau penebangan tanam tumbuh yang masih berpotensi mengganggu jaringan PLN. “Untuk kegiatan pemeliharaan akan direncanakan tangga 27 dan 29 April 2024. Semoga dengan kegiatan serentak ini menjadi jawaban atas gangguan atau padamnya listrik yang selama ini dialami warga akibat tanam tumbuh,” katanya.

Adapun kegiatan pemeliharaan yang akan direncanakan PLN diantaranya pembersihan/penebangan tanam tumbuh yg dekat jaringan, penggantian kabel tidak berisolasi menjadi kabel berisolasi, penanaman tiang dan pemindahan jaringan dari tiang lama ke tiang baru serta perbaikan konstruksi jaringan.

Aang meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Pihaknya juga meminta pengertian warga karena PLN terus berusaha untuk memperbaiki layanan terutama kehandalan listrik. PLN akan berusaha segera melakukan rekonfigurasi / manuver jaringan sebagai upaya untuk memperkecil pelanggan yang merasakan dampak padam dan tetap melakukan penormalan sesegera mungkin.(rls)