Luar Biasa! PLN Perbaiki Jaringan, Tanpa Ganggu Pelanggan

oleh -130 Dilihat
oleh
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan tanpa melakukan pemadaman. Foto istimewa

lahatsatu.id, Lahat – Dalam meminimalisir padam pelanggan saat perbaikan jaringan listrik, PLN UP3 Lahat menerjunkan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Sentuh Langsung (SL) pada perbaikan jaringan di Lubuk Linggau.

TIm PDKB SL yang beranggotakan 9 personil melakukan kegiatan preventif pada 6 titik penyulang tanpa melakukan pemadaman listrik. Seperti di penyulang Bowling dan Badminton serta kegiatan penyambungan beberapa pelanggan besar di wilayah kerja ULP Lubuk Linggau. Selama 3 hari, PDKB mampu menyelamatkan 77.893,46 kwh atau setara dengan 78,8 Juta rupiah.

Tim PDKB menggunakan metode sentuh langsung dan melakukan pekerjaan antara lain pemeliharaan jumper, pengecekan pin hole konduktor kabel penghemat listrik, perbaikan konstruksi alat pelindung jaringan dari petir, penggantian isolator tumpu dan penggantian ikatan isolator tumpu

Team Leader PDKB UP3 Lahat, Rio Hendrawan mengatakan, sejalan dengan kebutuhan pelanggan akan listrik yang cukup tinggi, maka pemeliharaan jaringan oleh PDKB menjadi hal penting karena pelanggan tidak mengalami pemadaman saat tim bekerja. “Tujuan dengan adanya tim PDKB Sentuh Langsung ini untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Jadi saat pemeliharaan tidak perlu memutus aliran listrik agar pelanggan tetap terus menikmati pelayanan tanpa hambatan,” katanya.

Metode sentuh langsung memiliki keunggulan, antara lain pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, personil yang diperlukan lebih sedikit, jumlah titik pekerjaan tiap hari lebih banyak, dan potensi gangguan yang sebelumnya tidak bisa dilihat dari bawah menjadi terlihat saat petugas mengerjakan pekerjaan dengan metode sentuh langsung.

Tim PDKB bertugas untuk melakukan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan tegangan 20.000 Volt tanpa padam, dengan linesman atau pelaksana menyentuh langsung jaringan listrik dengan APD pelindung lengan yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV.

Sementara itu Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi mengatakan perbaikan jaringan tanpa padam memang sudah menjadi pekerjaan rutin dari tim PDKB. Didukung dengan kompetensi petugas dan peralatan yang safety, diharapkan kinerja PDKB bisa lebih meningkat dalam menekan pemadaman saat bekerja. “Apresiasi kami kepada tim PDKB Lahat yang terus memberikan kontribusinya. Target selanjutnya kami akan minta PDKB membantu perbaikan jaringan dan kehandalan di Muara Dua bersamaan dengan gebyar jaringan minggu ini,” ujar Aang.(mala)