Luar Biasa! Program Pembinaan UMKM, PLTU Banjarsari Raih Penghargaan CSR Indonesia Award 2023

oleh -229 Dilihat
oleh
PLTU Banjarsari Raih Penghargaan CSR Indonesia Award 2023

lahatsatu.id, Lahat – Program pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dilaksanakan oleh PT Bukit Pembangkit Innovative PLTU Banjarsari, mendapat penghargaan tingkat Nasional dalam ajang CSR Indonesia Award, yang dilaksanakan di Yogyakarta pada 30 November 2023. p
Penghargaan diterima langsung oleh Sugijanto, selaku Direktur SDM dan Umum.

Putut Dwidjoseno Eksekutif Vice President PLTU Banjarsari, melalui Manager Umum Faza Ikhwana menjelaskan, program pembinaan UMKM sudah dilaksanakan pihaknya sejak lama. Dengan sasaran para pelaku UMKM, yang memiliki visi dan misi untuk maju dan berkembang. Sehingga mampu mendongkrak ekonomi mikro, terutama di wilayah Kabupaten Lahat.

Tahapan menjadi UMKM Mitra binaan pun dirancang dengan pola selektif, namun tetap memudahkan para palaku UMKM untuk bisa ikut serta. Mulai dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan, penyampaian proposal permohonan kerjasama, persentasi pelaku UMKM, hingga dinyatakan layak dan siap untuk menjadi UMKM mitra binaan PLTU Banjarsari.

Tambahnya, UMKM yang telah menjadi mitra binaan tersebut selain di dorong untuk berinovasi dan berkembang, juga akan diberikan sejumlah bantuan. Mulai dari bantuan peralatan dan perlengkapan produksi, hingga bantuan modal kerja untuk mendukung kreasi produk yang akan mereka lakukan.

Selain itu juga akan dibekali sejumlah pelatihan, untuk menambah ilmu pengetahuan untuk diterapkan di dunia usaha. Mulai dari pengemasan produk, pemasaran, hingga pola pembukuan ringan. Sehingga UMKM bisa terus berkembang, dan melangkah maju.

“Penghargaan ini menjadi pemicu semangat kami, untuk terus mengangkat dan memajukan UMKM di Kabupaten Lahat,” ujar Faza Ikhwana, Kamis 30 November 2023.(mg10)