Respon Cepat PLN Berhasil Perkuat Keandalan Listrik di Muratara, Arahan Presiden Dituntaskan!

oleh -153 Dilihat
oleh
Dirut PLN Darmawan Prasodjo, bersama Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, Direktur Manajemen Proyek dan EBT Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem Evy Haryadi, GM PLN Unit Induk Distribusi UID S2JB Adhi Herlambang dan Senior Manager Distribusi PLN UID S2JB Uray Aminin saat melakukan inspeksi jaringan yang melistriki RSUD Rupit Muratara, Sumsel, Sabtu (01/06).

Muratara, lahatsatu.id – PT PLN (Persero) gerak cepat menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan layanan kelistrikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rupit di Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo bahkan melakukan inspeksi langsung ke RSUD tersebut pada Sabtu (1/6) guna menuntaskan upaya peningkatan keandalan listrik bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya untuk RSUD Rupit, perbaikan kualitas listrik di Kabupaten Musi Rawas Utara juga dilakukan PLN dan kini menjadi jauh lebih andal.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa kehadirannya di RSUD Rupit untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dan bukan hanya meningkatkan keandalan listrik di RSUD tetapi seluruh daerah Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kami hadir di sini untuk langsung menindaklanjuti dengan cepat arahan Bapak Presiden. Yaitu memastikan peningkatan kualitas dan keandalan pasokan listrik, tidak hanya untuk RSUD Rupit ini, tetapi untuk seluruh wilayah Musi Rawas Utara,” ucap Darmawan.

Darmawan menambahkan pihaknya telah melakukan pengecekan dan memetakan kondisi yang terjadi di lapangan. Menurutnya, penurunan keandalan disebabkan jarak jaringan distribusi yang sangat panjang, mencapai 70 kilometer dengan kondisi geografis melewati perbukitan dan perkebunan.

“Untuk solusi cepat, kondisi tegangan yang tidak stabil dan mengalami penurunan keandalan di RSUD sudah kami selesaikan,” tutur Darmawan.

Sebagai solusi jangka pendek, PLN sudah memasang infrastruktur penunjang yang dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. Kemudian yang sebelumnya RSUD hanya dipasok dari 1 penyulang (jalur pasokan), sekarang menjadi 2 penyulang.

“Bahkan kami tambah jaringan khusus untuk RSUD. Sehingga dalam waktu cepat masalah ini bisa diselesaikan,” tambah Darmawan.

Darmawan menambahkan untuk meningkatkan keandalan listrik yang stabil di Musi Rawas Utara, PLN juga melengkapi gardu hubung menggunakan kapasitor sehingga suplai listrik menjadi semakin andal.

Tidak hanya solusi jangka pendek bagi RSUD, pihaknya juga telah menyiapkan solusi jangka panjang berupa penambahan infrastruktur gardu induk dan transmisi. Infrastruktur ini akan meningkatkan keandalan dan kualitas pasokan listrik secara permanen di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kita tidak berhenti di situ, kita langsung membangun infrastruktur yang permanen dan kokoh. Kami percepat pembangunan transmisi dan gardu induk agar bisa diselesaikan pada tahun depan,” tutur Darmawan.

Untuk menyukseskan pembangunan tersebut, Darmawan meminta dukungan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Tadi langsung kita diskusi terkait tantangan di lapangan, kami yakin dengan dukungan luar biasa dari Bapak Bupati dan kolaborasi, tantangan yang ada bisa kita hadapi agar listrik di Kabupaten Musi Rawas andal. Kami yakin listrik ini akan bermanfaat bagi peningkatan investasi, pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Darmawan.

Pada kesempatan tersebut Darmawan beserta jajaran juga melakukan pertemuan dengan Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartoni dan Direktur RSUD Rupit Ladonna Sianturi.

Bupati Musi Rawas Utara, Devi Suhartoni menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan listrik andal untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Rupit.

“Tidak ada kata lain selain kebahagiaan bahwa harapan listrik kita andal sudah diselesaikan. Kami ucapkan ribuan terima kasih kepada Pak Dirut dan seluruh timnya yang telah meningkatkan keandalan listrik, tidak hanya untuk RSUD Rupit, tetapi juga untuk Kabupaten Musi Rawas Utara,” ucap Devi.

Dirinya juga memastikan siap mendukung PLN dalam mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kami selaku pemerintah kabupaten siap berkolaborasi bersama PLN, mendukung penuh pengembangan kelistrikan di Musi Rawas Utara ini,” tutur Devi.

Apresiasi juga disampaikan Direktur RSUD Rupit dr. Ladonna Sianturi. Dirinya mengapresiasi gerak cepat PLN melakukan peningkatan keandalan listrik di rumah sakitnya.

“Kami sangat apresiasi gerak cepat Bapak Dirut PLN yang secara langsung hadir di RSUD Rupit untuk menindaklanjuti arahan Bapak Presiden dalam meningkatkan keandalan listrik di RSUD ini. Hari ini sudah terlihat, kelistrikan di sini sudah baik,” pungkas Ladonna.(rls)