Rumah Sakit Tipe D Lahat Siap Beroperasi, Layani 6 Kecamatan, Fasilitas Sudah Mumpuni

oleh -317 Dilihat
oleh
Bupati Lahat menyambangi Rumah Sakit Pratama tipe D. FOTO MALA/LAHATSATU.ID

LAHATSATU.ID, Tanjung Tebat – Rumah Sakit tipe D Lahat, yang berada di Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat, siap beroperasi. Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah siap.

Rumah sakit dengan dana kucuran dari bantuan Gubernur Sumsel itu akan melayani kesehatan warga 6 kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Tebat, Pagar Gunung, Mulak Ulu, Kota Agung, Gumay Ulu dan Mulak Sebingkai.

Guna memastikan rumah sakit, siap beroperasi melayani kesehatan masyarakat, Bupati Lahat H Cik Ujang pun nyambangi rumah sakit itu.

Cik Ujang mengatakan, keberadaan rumah sakit ini untuk memberikan layanan kesehatan cepat kepada masyarakat. Sebab wilayah 6 kecamatan terus, cukup jauh dari Kota Lahat.

“InsyaAllah Pak Gubernur (Herman Deru) akan meresmikan langsung. Mudah-mudahan beliau (Gubernur) tidak ada halangan,” kata Cik Ujang.

RS Pratama tipe D ini memiliki fasilitas yang mumpuni, mulai dari Poli Bidan, Ruang IGD, Ruang Operasi dan berbagai fasilitas kesehatan lain nya bisa di peroleh masyarakat.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Lahat tersebut untuk mengecek fasilitas kelengkapan teknis dan tenaga kesehatan yang akan melayani masyarakat di Rumah Sakit Pratama tipe D.

Direktur RS Pratama Tanjung Tebat dr Edy Kurniawan, SP OGmengatakan, fasilitas yang di berikan oleh RS ini sudah sangat layak.

Seperti diketahui standar alat kesehatan dan beberapa alat penunjang lainnya sudah masuk kategori standar internasional.

“Alat di ruang operasi disini sudah berstandar internasional begitu juga ruangan nya,” Ujarnya.

Selanjutnya untuk menunjang kinerja tenaga kesehatan disini Dr Edi meminta kepada Bupati Lahat untuk membuatkan tempat tinggal bagi tenaga kesehatan yang bekerja di RS Pratama tipe D Kecamatan Tanjung Tebat.

“Tenaga kesehatan disini, Tempat tinggalnya jauh, jadi untuk menghemat pengeluaran dan menunjang kebutuhan RS alangkah baiknya di buatkan tempat tinggal,” Ujarnya.

Cik Ujang mengaku sangat puas dengan rampung nya pengerjaan RS Pratama tipe D Kecamatan Tanjung Tebat.

Untuk kekurangan yang sudah disampaikan oleh dr Edi Kurniawan selaku Direktur, agar segera memberikan usulan kepada Dinas Kesehatan dan nanti nya segera di penuhi.

“Seperti ambulance segera dikirim untuk tempat tinggal Tenaga kesehatan pihak RS Pratama segera buat usulan,” ungkapnya. (mala)