Ketua Koni Lahat Sunat Honor Panitia Porprov?

oleh -168 Dilihat
oleh
Kompresi pers Ketua Koni Lahat. Foto Ist

LAHATSATU.ID, Lahat – Pasca Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIV di Kabupaten Lahat, beredar kabar tak sedap. Dimana Ketua Koni Lahat, Kalsum Barefi, diduga memotong honor panitia lokal Porprov Sumsel yang digelar 17-24 September 2023.

Meski informasi itu langsung ditepis Kalsum Barefi. Kabar menyelimuti Ketua Koni Lahat ini berhembus dari pemberian salah satu media online.

“Ya ada pemberitaan disalah satu media online yang memberikan bahwa saya sudah memotong dana untuk panitia, ” Sampai, Barefi, kepada awak media, Rabu 27 September 2023.

Namun, saat ditelusuri narasumber yang ada dalam berita tersebut ternyata tidak ada. Dalam pemberitaan narsum tersebut merupakan panitia pencak silat.

Namun, saat dikroscek ternyata tidak tercantum. Pihaknya juga saat ini sedang menelusuri penulis dan media yang memberitakan tersebut.

“Saat berita menyebar penulis dan narasumbernya langsung kita telusuri. Namun hingga saat ini belum bertemu, ” ujarnya, didampingi Wakil Ketua Koni, Feriyansyah Eka Putra, dan Sekretaris Koni Lahat, Heri Widodo.

Disampaikan Barefi, berita yang tidak benar tersebut saat ini beredar. Ia sangat menyayangkan berita hoax tersebut terlebih sudah membuat gaduh dan merusak citra Ketua dan Koni Lahat.

Selain akan menyelesaikan persoalan tersebut dengan menjunjung tinggi UU Pers, pihaknya juga akan menempuh langkah hukum.

“Untuk awal ini kita ingin mengklarifikasi dengan narasumber dan penulis. Jika meeka mengakui berita tersebut tidak benar tolong disampaikan. sebaliknya jika informasi itu benar agar dibuktikan, ” Terangnya.

Ditambahkan Feriyansyah, jika dalam pelaksanaan Porprov ada dua kepanitian yakni panitia besar dari Sumsel dan panitia lokal dari Koni.

Untuk panitia lokal, jelasnya uang honor bagi panitia itu Rp100 ribu perhari dan selama lima hari. Besaran tersebut disesuaikan dengan SIPD Pemkab Lahat.

“Untuk anggaran panitia lokal semua sudah kita salurkan dan tidak ada potongan satu rupiah pun, ” Katanya.

Kembali ditambahkan Barefi, pihaknya juga siap untuk mempublis berapa dana yang dikucurkan ke Koni Lahat untuk penyelenggaraan Porprov di Lahat.(mala)