Panen Ikan di Lubuk Larangan, Pesan Penting Cik Ujang Agar Ekosistem Sungai Tetap Terjaga

oleh -145 Dilihat
oleh

LAHATSATU.ID, Kikim Timur – Bupati Lahat Cik Ujang SH beserta warga panen raya ikan atau bekarang di Lubuk Larangan Karya Besame, Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Rabu 27 September 2023.

Cik Ujang menjala ikan bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Aries Irwan Wahyu SStPi MSi. Jala yang ditebar berhasil menangkap ikan gurame, lampam dan ikan senarai, yang merupakan beberapa ikan Sungai Kikim.

Bupati Lahat H Cik Ujang berpesan, agar masyarakat tetap mencari ikan dengam cara yang ramah lingkunganm dan tetap menjaga kelestarian ikan.

Seperti menjala, menjaring, bubuh, mancing maupun sauh.

“Agar ikan kecil masih bisa terjaga kelestariannya. Bila ikan banyak di sungai, maka masyarakat bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari- hari,” pesan Cik Ujang.

Ia mengingatkan agar masyarakat menghindari merusak kelestarian ikan sungai dengan cara- cara yang dilarang. Seperti meracun, sentrum dan bom. Karena dapat membunuh ikan kecil dan merusak lingkungan.

“Telah ada Perdanya (larangan menangkap ikan yang merusak habitat sungai) dan menghimbau kades- kades agar menginformasikan kepasa masyarakat agar tidak menangkap ikan dengan cara yang dilarang,” sampainya.

Tak hanya itu, Bupati juga menghimbau agar sungai dijaga. Jangan sampai jalur air dibangun dan ditanami. Namun bila pinggiran sungai tidak apa-apa ditanami untuk menjaga bibir sungai dan gerusan air sungai.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Lahat Agustia Budiman menambahkan, memberikan bantuan, seperti alat pencari ikan ramah lingkungan dan beberapa bantuan lainnya. Selain itu pada tahun ini diberikan sekitar 3 juta benih ikan. Lalu 42,7 ton pakan ikan ke beberapa kelompok.

“Kegiatan bekarang ini dilaksanakan secara rutin. Selain untuk meningkatkan silaturahmi juga menjaga kelestarian ikan,” tukasnya.(mala)