Patut Dicontoh! PT MIP Berantas Stunting di Lahat

oleh -200 Dilihat
oleh
Pengukuran tinggi badan anak anak balita dalam rangka Sinergitas PT Mustika Indah Permai bersama Pemkab Lahat, dalam Memerangi Stunting,6 Desember 2023 lalu. Foto ist for lahatsatu.id

Lahatsatu.id, Lahat – Terobosan inovatif dimana Adaro group melalui PT Mustika Indah Permai (PT MIP) dan mitranya PT Putra Perkasa Abadi (PT PPA) berkolaborasi dengan Pemkab Lahat yang melibatkan Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan Daerah, Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta SKPD terkait lainnya, dalam mensukseskan program Percepatan Penurunan Baduta (anak usia dibawah dua tahun) Stunting.

Stunting, merupakan kondisi mengkhawatirkan yang menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan anak, telah menjadi fokus utama program ini, dalam upaya untuk memberikan solusi yang tuntas, PT MIP dan PT PPA membangun pendekatan melalui penunjukan Bapak / Bunda Asuh Anak Stunting.

Program percepatan penurunan stunting yang di gagas secara bersama ini, telah berjalan selama 7 bulan, sejak bulan juni hingga desember tahun 2023. Adapun kegiatannya berupa peningkatan kapasitas pelaku teknis program, yang terdiri dari kader desa, fasilitator kecamatan dan kabupaten sebanyak total 17 orang dengan terget, melakukan pendampingan dan monitoring sasaran, advokasi, sinkronisasi serta monitoring evaluasi lintas sektor.

Inovasi utama dalam program ini adalah melakukan pelantikan Bapak / Bunda Asuh yang digelar digedung PKK Kabupaten Lahat, Rabu 6 Desember 2023⁸. Adapun yang dilantik, diantaranya pimpinan PT MIP dan PT PPA, Camat Merapi Barat dan Merapi Timur serta 7 kepala desa di lokasi intervensi program diantaranya, desa Banjarsari, desa Gedung Agung, desa Gunung Kembang, desa Prabu Menang, desa Merapi, desa Muara Maung, dan desa Telatang.

Bentuk komitmen yang yang diberikan oleh Bapak / Bunda Asuh ini adalah, memberikan pendampingan dan pemberian makanan tambahan setiap bulan. Intervensi tersebut dilakukan kepada 71 baduta stunting dan 19 ibu hamil KEK (Kurang Energi Kronis) yang berada di 7 lokus desa sasaran dari 2 kecamatan. Berkat kontribusi kegiatan ini, hingga bulan november ini, tercatat sebanyak 32 anak dengan status gizi normal dan 18 orang ibu dengan kondisi tidak KEK.

Diungkapkan Idham Kurniawan selaku External Relation Senior Departemen Head PT Mustika Indah Permai, bahwa, program ini bukan hanya sebuah upaya sementara. Akan tetapi dampaknya baru akan dirasakan nanti, guna membentuk masa depan anak yang lebih sehat dan bermakna dikemudian hari,

Melalui inisiatif ini, Adaro Group masih berkomitmen membantu pertumbuhan anak baduta yang sehat untuk masa depan bangsa, tutupnya.(mala)