Begitu Pentingnya PAUD Bagi Anak, Bunda PAUD Kabupaten Lahat Lakukan Ini

oleh -218 Dilihat
oleh
Foto bersama komitmen Bunda PAUD Kabupaten Lahat. FOTO IST

LAHATSATU.ID, Lahat – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) begitu penting bagi tumbuh kembang anak. Bahkan, PAUD menjadi pondasi bagi anak untuk menyongsong masa depannya.

Bunda PAUD Kabupaten Lahat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten pun menggelar komitmen Bunda PAUD.

Diharapkan bersama ekosistem pendidikan, Bunda PAUD kecamatan, kelurahan/desa dan organisasi mitra dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Untuk mempersiapkan anak masuk ke jenjang pendidikan dasar secara lebih baik, perlu menciptakan masa transisi yang baik dengan menciptakan lingkungan belajar yang selaras antara PAUD dan SD,” kata Bunda PAUD Kabupaten Lahat Hj Lidyawati Cik Ujang SHut MM.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat, Jumat 8 September 2023, Lidyawati menyatakan, gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bertujuan untuk memastikan lanak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD dapat memiliki hak yang sama untuk dibina.

Bahkan mendapatkan kemampuan pondasi atau kemampuan dasar secara menyeluruh. Dengan demikian, anak memiliki keterampilan, kemampuan, dan kematangan yang holistik.

“Mari bersama kita sukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita,” ajak Lidyawati.

Kepala Disdikbud Kabupaten Lahat Drs H Suhirdin MM menyambut, usia dini merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang peserta didik. Bahkan membangun pondasi pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan.

“Gerakan ini sebagai upaya dalam menjaga keselarasan pendidikan anak dari PAUD ke SD. Sehingga proses peralihan dapat berjalan lancar dan baik,” katanya.

Kepala BPMD Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa SPsi MSi mengatakan, atas inisiasi kegiatan itu Pemprov Sumsel sangat mengapresiasi.

“Ini adalah suatu bentuk yang nyata dalam mendukung dan berpihak kepada anak, dan mengedepankan hak anak dalam tumbuh kembangnya,” kata Aria, yang juga memberikan materi dalam kegiatan itu.(mala)