Jalur Pendakian Dempo Di Tutup, Tugu Rimau Tetap Aman

oleh -229 Dilihat
oleh
IST/Gunung Dempo

LAHATSATU.ID, PAGARALAM — Semua calon pendaki yang memiliki rencana ke puncak gunung Dempo yang ada di Pagaralam Sumatera Selatan, dihimbau untuk menunda kegiatan tersebut.  Sebab aktivitas vulkanis di kawah gunung Dempo, sedang mengalami peningkatan.  Namun untuk kegiatan perkemahan di kawasan kampung IV hingga Tugu Rimau, masih dianggap aman.

Ketua Brigade Arindi mengatakan, saat terjadi erupsi Gunung Api Dempo (GAD) pada Selasa malam lalu ada sekelompok pendaki asal Muara Enim dan Palembang bekemah di kawasan pelataran puncak Dempo dan saat terjadi erupsi tersebut mereka berhasil menyelamatkan diri turun dari kawasan puncak.

Arindi menegaskan pihaknya belum mengadakan penutupan jalur pendakian namun menghimbau warga untuk sementara tidak melakukan pendakian maupun kegiatan perkemahan di kawasan puncak Dempo namun untuk kegiatan perkemahan di kawasan kampung IV hingga Tugu Rimau di anggap tetap aman karena masih di luar radius bahasa yakni 2 kilometer dari puncak Dempo.

“Dari informasi PVBG Pos Pemantau Gunung Dempo, radius yang tidak boleh ada aktifitas yakni 2 kilometer dari kawasan puncak dan untuk itu kami himbau untuk warga sementara waktu agar tidak mendaki dempo demi keamanan sampai ada pemberitahuan resmi berikutnya,” ungkapnya. (MG10)