Warga Gunung Kidul Yogyakarta, Hari ini sudah Merayakan Idul Fitri

oleh -199 Dilihat
oleh
Jamah Aolia di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (IST)

LAHATSATU,ID – NASIONAL — Di saat warga muslim Indonesia pada umumnya masih melaksanakan ibadah puasa, namun warga Gunung kidul Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini Jumat (5/4/2023) sudah merayakan Idul Fitri 1445 H. Mereka sejak pagi berbondong-bondong datang ke masjid, untuk melakukan solad Id bersama keluarga.

Pemandangan ini terlihat di desa Panggang III Giringharjo, Panggang Kabupaten Gunung Kudul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka adalah jamaah Aolia, yang memang sudah lebih awal 5 hari dari ketetapan pemerintah Indonesia serta Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah beberapa waktu lalu. Bahkan pada tahun 2023 lalu, jemaah Aolia ini juga menggelar solat Id dua hari lebih awal, dari jadal Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Hingga kini beluma ada ketetapan dari Kementrian Agama Republik Indonesia terkait pelaksanaan Idul Fitri 2024. Namun PP Muhamdiyah telah menetapkan lebih dulu, yakni pada Rabu (10/4/2024). Diperkirakan ketetapan PP Muhamdiyah tersebut, akan sama dengan yang akan ditetapkan oleh Kemenag RI. (mg10)