Yuk Intip Persiapan Panjat Tebing, Target FPTI Lahat Segini

oleh -304 Dilihat
oleh
Venue Panjang Tebing FPTI Pengkab Lahat. Foto ist

LAHATSATU.ID, Lahat – Jelang perhelatan Porprov Sumsel ke XIV, cabang olahraga Panjat Tebing terus berbenah dan mematangkan persiapan guna menjamu ratusan atlit dari 17 kabupaten/kota se Sumatera Selatan.

Meski fokus perhatian pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pengkab Lahat terpecah untuk mempersiapkan venue dan juga mempersiapkan atlit, tapi optimis akan mampu berbicara banyak dalam ajang pesta olahraga dua tahunan ini.

Ini disampaikan Ketua Umum FPTI Lahat Resmiadi, melalui Ketua Harian Heri Hartono, disela-sela memantau persiapan penataan venue cabor Panjat Tebing di halaman GOR Bukit Tunjuk Lahat.

Heri menjelaskan, untuk penataan venue sudah hampir rampung, tinggal finishing di beberapa bagian tower saja.

“Memang untuk saat ini fokus kita terbagi untuk venue dan atlit. Tapi ini sudah kita antisipasi dari jauh-jauh hari dengan membagi tim. Ada yang fokus persiapan venue, ada yang fokus untuk TC atlit,” kata Heri, Kamis 14 September 2023.

Untuk atlit, lanjut Heri, FPTI Lahat sudah memiliki strategi dan target tersendiri. Apalagi Kabupaten Lahat menjadi tuan rumah. Hal ini jelas menjadi keuntungan bagi para atlit FPTI Lahat yang akan bertanding di rumah sendiri.

“Atlit sudah dikarantina sejak satu Minggu yang lalu agar bisa lebih fokus menghadapi pertandingan,” kata Heri.

Namun, memasuki musim kemarau seperti sekarang, Heri menjelaskan, jika panas terik matahari jelas akan menjadi tantangan bagi para atlit yang nantinya akan bertanding. Karena posisi tower panjat tebing yang ada sekarang, posisinya tepat menghadap arah matahari terbenam.

“Ini jelas akan menjadi tantangan bagi semua atlit yang bertanding di siang hari. Kalau yang pagi atau sore hari pasti lebih nyaman bertanding karena cuaca yang tidak begitu terik,” jelas Heri.(mala)