Keren! PTBA Dukung Pelestarian Songket Silungkang Khas Sawahlunto

oleh -101 Dilihat
oleh
Juara II event SISSCa. Foto ist

LAHATSATU.ID – Tanggal 7 hingga 10 September 2023, Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) ke-9. Dibalik kesuksesan event tersebut, ternyata ada campur tangan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

PTBA merupakan pendukung utama SISSCa, salah satu Calendar of Event Kota Sawahlunto, yang rutin digelar setiap tahun sejak 2015 dan masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) pada Kementerian Pariwisata RI.

Kantor PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Penambangan Ombilin menjadi tempat pelaksanaan dan pentas utama SISSCa.

“Kami akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Sawahlunto dalam mendorong potensi daerah di sektor pariwisata.

Salah satunya dengan menjadikan Songket Silungkang sebagai produk fashion yang bernilai ekonomis, berdaya saing tinggi dalam industri fashion nasional,” kata General Manager PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pertambangan Ombilin, Yulfaizon.

Dalam event ini, ditampilkan kelincahan tangan dan kaki perempuan dalam menenun songket khas Kota Sawahlunto. Pameran diisi dengan booth UMKM, pengrajin tenun songket, hingga pameran foto. Pentas dari beberapa kelompok seni Kota Sawahlunto menambah kemeriahan acara.

Carnaval yang mengusung tema Unforgettable Sawahlunto berbahan Songket Silungkang dengan rute Terminal Pasar Sawahlunto – Pertigaan Mandiri Lapangan Segitiga digelar pada 9 September 2023.

Bersamaan dengan event SISSCa, dilaksanakan juga lomba melukis payung untuk siswa-siswi SD se-Sawahlunto.

SISSCa diharapkan semakin menguatkan citra dan promosi pariwisata Kota Sawahlunto, sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal hingga mancanegara. Kota Sawahlunto juga berkomitmen mendorong produk Songket Silungkang dengan kekuatan budaya yang terkandung di dalamnya, menjadi produk yang mendunia.(mala)