Biang Kerok Gangguan Listrik, PLN Eksekusi Tanam Tumbuh di Desa Gunung Meraksa dan Karya Mukti OKU

oleh -79 Dilihat
oleh
PLN Eksekusi Tanam Tumbuh di Desa Gunung Meraksa dan Karya Mukti OKU

Baturaja, lahatsatu.id – PLN ULP Baturaja menggandeng perangkat desa dan warga di 2 Desa Gunung Meraksa dan Desa Karya Mukti untuk bersama-sama melakukan inpeksi dan membersihkan jaringan listrik dari tanam tumbuh. Manager PLN ULP Baturaja, Iswandi mengatakan bahwa penyebab gangguan listrik didominasi oleh tanaman atau pohon yang berada dekat dengan jaringan.

“Paling mendominasi adalah tanam tumbuh sehingga kami bersama-sama dengan perangkat desa dan warga melakukan inspeksi tanaman yang berada di dekat jaringan listrik. Hari ini kami tuntaskan di Desa Gunung Meraksa sepanjang 9 KMS dan total personil PLN sebanyak 15 orang,” ujarnya, Rabu(24/04/2024).

Sementara itu team leader tehnik ULP Baturaja, Febriansyah mengatakan pihaknya bersama perangkat desa telah berkoordinasi untuk melaksanakan pemampasan tanam tumbuh. Hal itu diperlukan agar perangkat desa bisa membantu memberikan penjelasan kepada warga atas kondisi tanam tumbuh sehingga masih memerlukan pemadaman saat pemeliharaan jaringan. “Selain gerak cepat untuk penanganan korektif jika terjadi gangguan listrik, kami juga melakukan serangkaian langkah preventif dan pencegahan seperti sesi pemeliharaan jaringan listrik kali ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pemeliharaan jaringan listrik merupakan serangkaian kegiatan mulai dari pengecekan/ asesmen jaringan listrik, pemotongan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, pembersihan jaringan dari material asing seperti benang layang-layang, kain atau spanduk.

Sementara itu Kades Gunung Meraksa, Dahlan mengatakan apresiasinya atas respon PLN Baturaja yang langsung turun kelapangan guna pembersihan tanam tumbuh. “Terimakasih bapak-bapak PLN Baturaja, atas bantuannya pembersihan jaringan hari ini. Mudah-mudahan desa kami tidak lagi padam dan pelayanan PLN semakin baik,” ujarnya.

Melalui kegiatan pembersihan jaringan ini Iswandi berharap, pasokan listrik selalu andal dan kontinyu di seluruh wilayah Baturaja. Jika pelanggan mengalami kendala kelistrikan, segera laporkan kepada petugas PLN melalui Aplikasi PLN Mobile. “Petugas kami siap membantu 24 jam,” imbuh Iswandi.(rls)