Mau Tahu Alasan Pj Bupati Lahat Dinobatkan Sahabat Pers?

oleh -121 Dilihat
oleh
Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi. Foto Istimewa

Lahat, lahatsatu.id – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 tahun 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan berikan penghargaan bergengsi “Sahabat Pers” kepada Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas perhatian dan kepedulian yang luar biasa terhadap kemajuan dunia pers di Kabupaten Lahat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua PWI Sumsel, Kurniadi ST, Senin (10/6/2024), yang menyatakan bahwa dedikasi Muhammad Farid dalam mendukung pers lokal patut diacungi jempol.

Namun Muhammad Farid berhalangan hadir karena harus menyampaikan laporan pertanggungjawabannya ke Kemendagri, penghargaan diwakilkan kepada Asisten III Setda Lahat, Drs Majono MSi.

Kurniadi mengatakan, penghargaan “Sahabat Pers” ini adalah pengakuan atas semua upaya yang telah dilakukan oleh Muhammad Farid untuk mendorong kebebasan pers dan memastikan bahwa wartawan di Kabupaten Lahat dapat bekerja dengan independen juga profesional.

“Terima kasih kepada Pj Bupati Lahat yang telah menunjukkan komitmen kuat terhadap nilai-nilai kebebasan pers dan transparansi. Beliau adalah contoh teladan bagi para pemimpin daerah lainnya,” kata Kurniadi.

Kurniadi menambahkan, dari hasil laporan PWI Kabupaten Lahat, dalam masa kepemimpinannya, Pj Bupati Lahat selalu mendukung berbagai program yang digelar oleh rekan-rekan Pers di Kabupaten Lahat. Selain itu, juga memberikan akses yang lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi kepada para wartawan.

“Keterbukaan informasi adalah kunci untuk menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan kami (PWI Sumsel) sangat mengapresiasi hal tersebut,” tuturnya.

Sementara, Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi, Drs Marjono menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan PWI Sumsel. Ia berharap sinergi antara Pemerintah Kabupaten Lahat dan para wartawan kedepan akan semakin erat, sehingga bisa terus menghasilkan berita-berita yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan penghargaan ini, diharapkan semakin memotivasi seluruh jajaran OPD Pemkab Lahat untuk terus mendukung kebebasan pers dan meningkatkan kerjasama dengan media, demi kemajuan bersama,” sampai Marjono, Selasa (11/6/2024).

Terpisah, Ketua PWI Lahat, Nurmala melalui Sekjen PWI Lahat, Ehdi Amin, mengungkapkan Pj Bupati Lahat, sangat terbuka dan selalu memberikan dukungan atas terlaksananya kebebasan pers di Kabupaten Lahat. Dikatakanya, insan Pers merasa aman dan nyaman dalam menjalankan tugasnya di Bumi Seganti Setungguan.

“Ya salah satu yang sangat berharga bagi insan pers Pj Bupati Lahat selalu bersedia jika insan pers ingin wawancara. Bahkan, ditengah kesibukanya saat ditanya melalui pesan singkat whatsapp misalnya beliau selalu menjawab. Artinya beliau aktif, komunikatif dan menghargai pers, “sampainya.

Begitu juga dengan dukungan saat adanya program program pers. Seperti yang di rasa kawan kawan PWI. Kita berharap sinergi ini bisa selalu terjalin layaknya seorang sahabat kepada sahabatnya.(*)