Lahat Tuan Rumah Porprov Sumsel, Sektor Ini Dongkrak PAD

oleh -153 Dilihat
oleh
Subranudin. Foto ist

LAHATSATU.ID, Lahat – Belasan ribu atlet berasal dari 17 kabupaten/kota di Sumsel datang ke Kabupaten, sebagai tuan rumah Porprov Sumsel ke XIV. Tentu saja penyelenggaraan Porprov Sumsel ini akan mendatangkan pundi-pundi Pendapat Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Lahat.

Lantas sektor apa saja yang diyakini akan mendongkrak PAD tersebut? Kepala Bapenda Lahat Subranudin MP MM mengatakan, sektor perhotelan, tempat hiburan, restoran dan lain sebagainya, akan menjadi sumber PAD dalam Porprov ini.

“Kurang lebih 13 ribu atlit dari berbagai daerah di Sumsel datang ke Kabupaten Lahat, bisa dipastikan meningkatkan PAD Lahat dari pajak,” kata Subran, Jum’at 15 September 2023.

Subran mengingatkan pengusaha hotel, restoran, tempat hiburan, dan lainnya, tidak main-main atas kewajiban pajaknya. Pengusaha hotel, tempat hiburan dan restoran dikenakan pajak 10 persen.

“Ketentuan sudah ada di undang-undang dan Perda Kabupaten Lahat,” kata Subran.

Menurutnya, untuk peningkatan selama atlit bertanding di Bumi Seganti Setungguan diperkirakan akan meningkatkan PAD Lahat sekitar Rp 200 juta atau sekitar 20 persen.

“Pajak sifatnya tidak menentu, sesuai dengan omset yang didapat. Parkir jangan menarik atau memungut uang parkir dari para atlit,” katanya. (mala)