Informasi Rekapitulasi Pertandingan Tak Ada, KONI Lahat Tak Siap, Lempar Tanggung Jawab

oleh -195 Dilihat
oleh
Media Center Porprov Sumsel ke XIV Lahat. Foto ist

LAHATSATU.ID, Lahat – Banyak masih yang ingin mengetahui perolehan mendali masing-masing daerah pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIV di Kabupaten Lahat. Namun, sepertinya KONI Kabupaten Lahat tidak siap.

Pasalnya, sejumlah insan pers di Kabupaten Lahat mengeluhkan sulitnya mendapatkan informasi, terkait rekapitulasi perolehan medali di Porprov Sumsel. Terbukti, hingga hari ke dua dimulainya sejumlah pertandingan, pusat informasi terkait hasil rekapitulasi sementara perolehan medali belum juga ada.

Sekretaris PWI Kabupaten Lahat, Ehdi Amin SPdi menuturkan, sejumlah cabor di ajang Porprov Lahat ini sejak Kamis 13 September 2023 lalu sudah ada yang bertanding.

Namun, pusat informasi perolehan medali, belum juga ada. Menurutnya, KONI Lahat sama sekali tidak siap dalam hal penyediaan informasi, khususnya tentang rekapitulasi sementara perolehan medali.

“Bukan sekedar tidak siap, KONI Lahat mala terkesan saling lempar. Perolehan medali ini sejak Kamis sudah berjalan, tapi tidak tahu berapa banyaknya? kontingen mana yang peroleh medali tertinggi sementara,” kata Edhi, Jumat 25 September 2023.

Edhi menegaskan, ia bersama rekan PWI Lahat sudah lakukan upaya untuk berkoordinasi dengan Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi sebelum pertandingan dimulai.

Bahkan yang terbaru kembali lakukan upaya Koordinasi dengan Sekretaris KONI Lahat, Heri Widodo untuk mendapatkan informasi terkait hasil rekapitulasi sementara perolehan medali.

Namun KONI Lahat mala seakan saling lempar tanggung jawab dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, yang bertugas mengolah media center.

“Bukan beri solusi, mala saling lempar. Padahal kita selaku insan pers, ingin sekali menyukseskan Porprov di Kabupaten Lahat. Bagaimana media dari luar Lahat ingin mengetahui informasi, jika media lokal saja kesulitan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Lahat, Rudi Dharma Setiawan menerangkan, pihaknya memang bertugas mengolah media center. Namun bukan berarti pihaknya yang lakukan pencarian data hasil rekapitulasi perolehan medali sementara dari tiap cabor yang dipertandingkan.

“Hingga saat ini, belum ada data yang masuk dari tiap cabor, naungan KONI Lahat. Media center ini hanya penerima data rekapitulasi dari cabor, dan jadi wadah bagi siapapun yang ingin mengetahui hasil rekapitulasi seluruh pertandingan,” terangnya.(mala)