Siap-siap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Diterapkan di Kabupaten Lahat

oleh -181 Dilihat
oleh

lahatsatu.id, Lahat – Sebanyak 75 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lahat ikuti sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Aplikasi yang diluncurkan pemerintah dinilai dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

“Dengan aplikasi ini maka kelancaran pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik dapat dilakukan secara online dan terintegrasi serta terdata langsung ke pusat data nasional,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lahat, H Firdaus Kurniawan SE MSI, Selasa 27 Februari 2024.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi mengatakan, adanya aplikasi SRIKANDI akan meningkatkan kapasitas dan keterampilan ASN pada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Sebab, aplikasi ini juga bakal diterapkan di Kabupaten Lahat nantinya.

“Saya berharap setelah sosialisasi ini, para peserta dapat secepatnya menerapkan aplikasi tersebut OPD masing-masing,” ujar Farid melalui zoom meeting.

Sementara itu Kadis Perpusip Kabupaten Muba, Sunarno SSTP selaku pembicara menerangkan, kunci keberhasilan penerapan SRIKANDI terletak pada peran dan kolaborasi yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan kementerian/lembaga yang bersangkutan. Sehingga, pada akhirnya aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal.

“Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” terangnya.(mala)