Penasaran Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Kapan Dioperasikan

oleh -181 Dilihat
oleh
IST (foto HK)

LAHATSATU.ID, SUMSEL — Banyak warga sumatera selatan terutama pengguna jalan lintas Palembang-Indralaya panasaran, kapan jalan Tol Indralaya-Prabumulih di fungsikan oleh pemerintah. Sebab banyak informasi beredar di masyarakat, bila ruas jalan tol tersebut sudah selesai dikerjakan pada awal Juni 2023 lalu. Namun hingga akhir Juli 2023, belum ada tanda-tanda akan dioperasikan.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah dikerjakan sejak Juli 2019, merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Indralaya-Muara Enim yang terbentang sepanjang 119 Km. Ruas panjang jalan Tol Indralaya-Prabumulih terbentang sepanjang 64,50 KM, dari Kabupaten Oganilir hingga Prabumulih. Pada Jalan Tol ini, juga dilengkapi dengan 2 Simpang Susun, 1 Gerbang Tol, dan 1 TIP (Rest Area) Tipe A. Adapun batas kecepatan maksimal yakni 100 Km/Jam, yang akan memangkas waktu perjalanan Prabumulih-Palembang menjadi seketir 1 Jam.

Tol ini sudah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 19 dan 20 Juni 2023 lalu. Merupakan uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan, yang berlokasi di jalan tol bertujuan untuk memenuhi standar manajemen dan keselamatan lalu lintas. Dalam menindaklanjuti pemeriksaan Jalan Tol, terdapat 3 Sub Tim yang akan melakukan yakni Sub tim 1 Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas Jalan, Sub tim 2 Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, dan Sub Tim 3 Bidang Operasi dan Administrasipemeriksaan

Tol Indralaya-Prabumulih hingga saat ini, belum dapat dipastikan kapan akan beroperasi. Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengaku, belum bisa memastikan kapan pembukaan Tol Indralaya-Prabumulih akan dilakukan. Operasional baru akan dilakukan bila Sertifikat Layak Operasi (SLO), telah diterbitkan. (Hk/mg10)