Terima Lisensi BNSP, LSP Bukit Asam Bisa Jalankan Uji Kompetensi Mandiri

oleh -55 Dilihat
oleh
PTBA terima lisensi BNSP

lahatsatu.id, Muara Enim – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bukit Asam resmi mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan demikian, LSP Bukit Asam telah terdaftar dalam keluarga besar BNSP dan dapat melaksanakan uji kompetensi mandiri, sebagai kepanjangan tangan dari BNSP.

Hal ini seiring dengan telah terbitnya SK Ketua BNSP No. KEP.2641/BNSP/XII/2023 tentang Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Bukit Asam.

Sertifikat lisensi diserahkan secara langsung oleh Ketua BNSP Syamsi Hari kepada Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail di Tanjung Enim, Kamis (11/1/2024).

Arsal menjelaskan, pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sangat penting untuk mewujudkan visi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

“Sertifikasi BNSP ini memiliki arti penting bagi LSP Bukit Asam dalam rangka peningkatan profesionalitas dan kompetensi SDM untuk mendukung pencapaian visi perusahaan. Pengakuan nasional atas kompetensi yang dimiliki oleh SDM di perusahaan juga dapat menjadi modal dan nilai tambah dalam menghadapi pasar bebas ekonomi nasional, regional, maupun internasional,” ujarnya.

LSP Bukit Asam saat ini telah memiliki berbagai fasilitas seperti dua unit simulator Hauling Dump Truck dan Bulldozer, satu unit simulator excavator, unit uji praktek, learning center, assessment center, dan sebagainya.

“Diharapkan ke depan LSP Bukit Asam dapat memastikan kompetensi sumber daya manusia industri pertambangan yang unggul, berakhlak mulia, dan memiliki daya saing global,” tutupnya.(mala)