Luarbiasa! Ini Program Dinas Kesehatan Lahat Bikin Lahat Makin Bercahaya

oleh -184 Dilihat
oleh
Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, saat mengikuti pawai beberapa waktu lalu

LAHATSATU.ID, LAHAT – Tugas, pokok dan fungsi alias tupoksi Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, berjalan sukses. Bagaimana tidak, dalam membantu Bupati Lahat H Cik Ujang SH mewujudkan visi dan misi bidang kesehatan, segala lini dibenahi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra mengatakan, program Bupati Lahat bidang kesehatan, seperti berobat gratis untuk semua masyarakat Kabupaten Lahat sudah berjalan 100 persen.

“Dan Pak Bupati mendapat penghargaan UHC AWARDS dimana masyarakat Kab.sdh 100 persen dijamin kesehatan Program Berobat Gratis,” ungkap Taufik.
.
Program penganan stunting juga sukses dilaksanakan. Dari angka 48,1 persen turun drastis menjadi 19 persen di tahun 2023 ini.

“Tercapai eliminasi malaria, pembangunan infrastruktur, pembangunan rumah sakit tipe D Tanjung Tebat, puskesmas baru PKM Lahat Selatan, juga rehab beberapa puskesmas,” beber Taufik.

Tidak hanya rehab puskesmas, seperti PKM Tanjung Sakti Pumi dan Marapi, juga pengadaan CT CAN dan Memografi untuk periksa deteksi dini kanker payudara.

“Ada juga pengembangan SDM program sekolah untuk spesialis-spesialis, perawat, bidan dan lain-lain,” ungkap Taufik.

Keseriusan Pemkab Lahat membenahi kesehatan ini juga ditunjukkan dengan penerimaan tenaga kesehatan dan teknis sebanyak 1.600 formasi tahun 2023 ini.

“Sudah (penerimaan formasi) disetujui pusat melalui penerimaan tenaga PPPK,” kata Taufik.

Kesuksesan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat ini juga berkat sinergitas bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat. Bersama TP PKK yang diketuai Hj Lidyawati S Hut MM, Dinas Kesehatan berhasil dengan program penanganan stunting.

“Juga bantuan closet, desa bebas ODF, kegiatan Kesehatan ibu dan anak, juga masyarakat yang tidak mampu perlu dirujuk ke Palembang atau RS lainnya, penyuluhan, juga kegiatan POSYANDU dan program Dinas Kesehatan lainnya,” pungkas Taufik. (mala)