Cik Ujang Bangun Jembatan Permanen, Bagaimana Nasib Jembatan Gantung Terpanjang di Sumsel?

oleh -120 Dilihat
oleh
Bupati Lahat Cik Ujang memantau pembangunan jembatan Pagar Batu. FOTO IST

LAHATSATU.ID, Pulau Pinang – Jembatan gantung Pagar Batu di Kabupaten Lahat, yang dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Sumatera Selatan, terancam ditinggalkan.

Jembatan gantung sepanjang 360 meter, yang melintasi di atas Sungai Lematang, yang menjadi akses satu-satunya warga Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat itu, dalam waktu dekat sudah ada penggantinya.

Bupati Lahat H Cik Ujang SH membangun jembatan permanen, yang menjadi akses baru bagi ribuan warga Pagar Batu. Bahkan, pembangunan jembatan permanen, terus di genjot.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lahat, Mirza Azhari mantargetkan pertengahan November 2023 ini, warga sudah dapat melintasi jembatan parmanen.

Selama ini, warga hanya bisa menggunakan sepeda motor untuk menuju dan keluar dari Desa Pagar Batu. Sebab akses hanya menggunakan jembatan gantung.

Tentu saja dengan keberadaan jembatan tersebut, akses warga makin lancar. Mobil sudah dapat menuju Desa Pagar Batu. Keberadaan jembatan ini dapat meningkatkan perekonomian warga.

Cik Ujang berpesan kepada masyarakat Pagar Batu agar tidak membangun rumah berdekatan dengan jalan utama.

“Kalau daerah kita maju, pasti kita akan di contoh daerah lain. Dari aturan tertib, jelas itu bukan untuk saya, untuk masyarakat,” kata Cik Ujang, disela-sela meninjau jembatan Pagar Batu, Senin 28 Agustus 2023.(mg01)