Qris Kini Sudah Bisa Tarik &  Setor Tunai Serta Transfer

oleh -800 Dilihat
oleh
Qris tarik tunai. (Bank Indonesia)

LAHATSATU.ID, JAKARTA — Bank Indonesia atau BI meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS TUNTAS di Jakarta, Kamis (17/8/2023). Karena sebelumnya fitur QRIS hanya bertujuan untuk melafkukan pembayaran

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, fitur QRIS TUNTAS memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan transfer dana antarpengguna QRIS, tarik dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM)/Cash Deposit Machine (CDM) atau agen QRIS TUNTAS.

Untuk menggunakan fitur QRIS TUNTAS, pengguna dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik server-based.

Perry menyampaikan, implementasi QRIS TUNTAS bagi PJP yang telah siap, dilakukan secepat-cepatnya 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023.

Ia mengatakan peluncuran QRIS TUNTAS yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 RI, menjadi bentuk kontribusi BI bagi negeri.

Sebelum diluncurkan, QRIS TUNTAS telah melalui berbagai tahapan, termasuk fase uji coba oleh industri dalam Ruang Uji Coba Inovasi Teknologi Sistem Pembayaran Bank Indonesia. (net)